Profil

Profil Sekolah


I.      Profil Sekolah
SMP Al-Ishom merupakan sekolah menengah berbasis kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berada di bawah naungan Yayasan Al-Ishlah Al-Ishom, berupaya mengembangkan konsep pendidikan untuk memadukan pendidikan pondok pesantren dengan pendidikan formal dari Kementerian Pendidikan Nasional. Dari upaya tersebut diharapkan dapat terbentuk pribadi unggul, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, cerdas intelektual, emosional dan spiritual, memiliki wawasan kebangsaan dan wawasan global serta berakhlaqul karimah.

II.    Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
Visi
“Terwujudnya generasi muslim yang berpendidikan, berwawasan luas, kreatif dan berakhlaqul karimah”

Misi
1.       Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien
2.       Mengembangkan penghayatan dan pengamalan syari’at Islam
3.       Melaksanakan bimbingan dan pembinaan siswa berakhlaqul karimah
4.       Memperhatikan serta menyalurkan bakat dan minat siswa
5.       Menyediakan fasilitas sarana dan prasarana pengembangan bakat siswa

Tujuan Sekolah
1.       Meletakkan dasar kecerdasan pikir, kecerdasan hati, kecerdasan rasa dan kebugaran raga
2.       Membentuk peserta didik berakhlaq mulia, berkepribadian, memiliki jiwa nasionalisme dan    patriotism serta memiliki kepekaan social sebagai anggota masyarakat
3.       Meletakkan dasar pengetahuan tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi dan estetika
4.       Meletakkan dasar keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

III.  Kurikulum
a.       Kurikulum Sekolah
Perpaduan Kurikulum Nasional dan Pondok Pesantren dengan pendekatan multi metode dan multi media dengan ekstrakurikuler yang berbasis life skill
1.       Program Umum
Kurikulum dibawah Dinas Pendidikan dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
2.       Program Khusus
Pengembangan berbagai teknologi komputer dan pengembangan pemahaman dan pengamalan agama
3.       Program Tambahan
Berbagai ekstrakurkuler dan pengembangan diri
a.    Wajib (Pramuka)
b.    Pilihan ( Olahraga, TIK, Seni Ketrampilan, Rebana)

b.      Kurikulum Pondok Pesantren
Kurikulum pendidikan Pondok Pesantren Al-Ishlah Al-‘Ishom merupakan perpaduan antara sistem klasikal dan modern yang berdasarkan atas azaz ahlu sunnah wal jama’ah. Para murid atau santri tidak hanya diberikan materi keagamaan dari berbagai literatur kitab kuning (baik menggunakan metode sorogan maupun bandongan), namun juga pendidikan life skill yang memadai. Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ishlah Al-‘Ishom juga menekankan pentingnya akhlaq budi pekerti serta .
Disini mereka akan dikelompokan menjadi 2 kelas, yaitu kelas ula (awal) dan wustho (pertengahan). Adapun materi kitab yang diajarkan adalah sebagai berikut:
1.      Kelas Ula;
Al-Qur’an (Juz ‘Amma dan bin Nadhri), Akhlaq lil Banin, Tajwid, Fiqh, Nahwu, Shorof.
2.      Kelas Wustho;
Al-Qur’an (Bil Hifdzi), Tafsir Jalalain, Hadist, Fiqh, Alfiyah Ibn Malik, Tasawuf (Al-Hikam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar